Menurut Arends terdapat enam langkah
utama atau tahapan dalam model pembelajaran kooperatif yang dirangkum pada
tabel
Fase
|
Kegiatan guru
|
Fase -1
Menyampaikan
tujuan dan memotovasi siswa
|
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan kompetensi dasar yang
yang ingin dicapai serta memotivasi siswa.
|
Fase-2
Menyajikan
informasi materi
|
Guru
menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan
bacaan.
|
Fase-3
Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
|
Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
|
Fase-4
Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
|
Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mengerjakan tugas mereka
|
Fase-5
Evaluasi
|
Guru
mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau
masing-masing kelompok memprensentasikan hasil kerja.
|
Fase-6
Memberikan
penghargaan
|
Guru
memebrikan penghargaan baik upaya maupun hasil kerja individu dan kelompok.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar