Kekuatan
Dari Dalam
(Dalam Konsep Pembelajaran)
Disusun oleh Kelompok II
1. Taufiqurrahman
2. Yanti Komalasari
3. Halimah
Guru memerlukan lebih dari sekedar berbagi
kekeuatan dari dalam (inner sterngth)mereka
yaitu:arah hidup yang jelas yang akan memberberi keyakinan,ketenangan dan
kesabaran,yang dapat mengontrol hati yang buruk dan tindakan-tindakan yang
tidak perlu,serta melakukann tindakan yang konstruktif.kekuatan dari dalam akan
betul-betul memberikan kekuatan pada pekerjaan yang sedang dilakukan.kekuatan
dari dalam itu akan menjaga kita dalam menjalani profesi,walaupun kita tidak
memperoleh penghargaan apapun.siapaapun kita yang mencintai pekerjaan kita
adalah orang –orang yang daapaat memberikan motivasi pada paara siswadan mampu
melakukan pekerjaan dengan baik berkat adanya kekuatan dari dalam.Kita adalah
orang-orang yaang tegas ,mempunyai keyakinan diri,kompeten,tekun,danbjisaa
berdaamai dengn diri sendiri.
A.Ketegasan
Guru yang harus menyeimbangkann antara empati dan
ketegasan.kelas yang di asuh oleh guru yangu tegas akan memahami batas –batas
serta harapan-harapan mereka:yang hasilnya mereka lebih fokus dan lebih
terlibat pada apa yang mereka pelajari.para kolega sesama guru juga akan lebih
hormat dan lebih menghargai guru yang tegas.sikap tegas membuahkan keyakinan
atau kepercayaan.
Sepuluh Cara Untuk
Menunjukan Ketegasan
1.Tentukan tujuan pembelajaran,batasan-batasan,dan
pedoman-pedoman yang masuk akal dan di harapkan di patuhi oleh para siswa
2.Beri respon secepatnya dengan tenang dan yakin
terhadap segala situasi yang menuntut
pengaturan prilaku.gunakan pernyataan seperti”saya ingin kamu......”Bicaralah dengan jelas dan jaga kontak mata
dengan mereka.
3.sebelum memberikan reaksi,dengarkanlah dengan
saksama semua permintaan dan saran yang anda terima
4.Bersikaplah hangat dan tunjukanlah skap yang
betul-betul memberi perhatian kepada par siswa serta teman-teman mereka.
5.Mintalah bantuan bila anda memerlukannya(entah itu
kepada siswa,orang tua,atau para spealis)dan hendaknya belajarlah untuk dapat mengatakan “tidak.”
6.Berikan pengarahan yang singkat dan jelas untuk
berbagai macam tugas,kegiatan serta apa yang menjadi harapan anda,supaya tidak
terjadi miskomunikasi padaa saat meninggalkan ruangan.
7.Rencana dengan hati-hati tujuan jangka pendek
maupun tujuan jangka panjang,serta sasaran bagi siswa dan anda sendiri sehingga anda tahu kemana
harus melangkah
8.Perhatikan hak dan kewajiban anda serta hak dan
kewajiban para siswa.Tuliskan daftarnya pada papan tulis atau poster gantung.
9.Tunjuokan konsekuensi yang harus mereka pikul dan
tanamkan hal ini secaraa konsisten pada mereka.
10.Pahamilah kepentingan anda sendiri da bertahanlah
pada kata-kata anda,entah saat anda di minta memberikan tambahan pelajaran oleh
siswa,diserbu dengan permintaan-permintaan yang tidak realistis dari orang
tua,atau di minta bertanggungu jawab oleh siswa untuk hal-hal diluar tanggung
jawab anda yang sebenarnya.
B.Kepercayaan
diri
Setiiap guru menyadari adanya perasaan gugup pada
awal tahun ajaran dan adanya perasaan waswas karena ketidak pastian menghadapi
bulan –bulan berikutnya.Itu merupakan hal yang biasa.sejujurnya guru-guru yang
memiliki kepercayaan diri walaupun sedikit juuga sedikit mengalami rasa gugup
dan ragu-ragu tersebut menggunakan kekuatanmereka selama bekerja untuk
mengatasi kelemahan mereka.Rasa percayaa diri mereka menyebar dan mempengaruhi
lingkungan sekitar mereka.Hal macam ini- akan membantu para siswa dalam usaha
mencapai keberhasilan dan memberikan ketenangan bagi para guru.
Sepuluh
Cara Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri
1.Buatlah daftar kelebihan dan kelemahan andaa secaraa terpisah.tuliskan “KELEBIHAN”DAN
“KELEMAHAN”pada masing-masing daftar,lalu buatlah permainan.misalnya,bila anda
bagus dalam bidang seni,beranikan diri mengerjakan papan pengumunan.tunjukan
permainan itu pada sisi kelemahan anda
2.Buatlah daftar sepuluh hal yang paling mungkin
anda lakukan.Lalu mulailah mennyortir,memilih,atau menggantinya.(hingga muncul
hal yang paling anda yakini).
3.Jagalah kesehatan dengan tidur,makaan,dan olah
raga secara proporsional.Minumlah banyak air setiap hari dan selalu sediakan
botol air di atas meja.biasanya kemantapan fisik akaan terasa terlebih dahulu
sebelum keyakinan diri secara mental muncul.
4.Jagalah supaya postur tubuh anda tampak bagus.ini
membuat anda merasa dan tampak yakin diri.
5.Jagalah sikap positif dan tolaklah kritik yang
tidak berguna,termasuk kalau kritik itu berasal dari diri sendiri.
6.Dalam keadaan sadar diri,pusatkan perhatian anda
pada suatu objek tertentu,misalnya sebuah pohon,kemudian pikirkansecara
detaail(bentuknya,gunanya,warnanya,teksturnya).
7.Mintahlah aapa yang menjadi keinginan anda.mungkin
anda tidak mendapatkan apa yang anda inginkan,tetapi dengaan meminta berarti
memperbaiki hal-hal yang bersifat merintangi.
8.Praktikan berpikir yang nyaman.Kalau keyakinan
anda lambat,pikirkanlah tentang hal-hal,tempat-tempat,atau orang-orang yang
dapat membuat anda meras enak.
9.Pakailah teknik relaksasi tubuh sepanjang
hari.Lemaskan leher,bahu,dsb.Bayangkan bahwa tubuh anda terdiri dari cairan
yang mengandung sutra.Visualisasikan dan rasakan aliran lembut–hangat yang naik
dari kaki hingga ke puncak kepala.
10.Mainkan permainan dengaan anda
sendiri sebagai objeknya.Tanyakan ada diri sendiri bagaimanakah seeorang yang
mempunyai keyakinan diri akan bertindak dalaam situasi tertentu,kemudian
katakan,”Saya yakin dalam......”Berusahalah untuk menyamaai tingkah laku semaca
itu.
C.Menghargai
diri sendiri
Menghargai diri sendiri berbeda dengan kepercayaan
diri bila di hubungkan dengan pendapat yang menyeluruh mengenai bagaimana kita
menilai watak dan kemampuan kita.Menghargai diri sendiribiasanya mendahului
kepercayaan diri.Kekuatan dari menghargaai diri terletak pada bagaaiman
kekuatan itu mempengaruhi kemampuan mengajar.Misalnya,apa bila anda mera
sebagai guru yang baik mungkin anda akan
menjadi guru yang baik.walaupun
mengajaar itu bersifat mempengaruhi,penting dan berguna,penghargan diri
sebagai guru sering teras bila di bandingkan dengan sukses yang di
hasilkannya.mengembaangkan penghargan diri yang positif akan meningkatkan rasa
pribadi terhadap energi,kedamaian,optimisme,dan potensi mengajar dengan baik
serta potensi untuk mempengaruhi orang lain.
Sepuluh
Cara untuk Menguatkan Penghargaan Diri
1.Rayakan prestasi yang anda capai,dan hargailah
keberhasilan anda itu.Tapi,jangan sampai menjadikanya sebagai kebanggan semu
itulah yang disebut kesadaran diri
2.Akuilah bila anda telah melakukaan
kesalahan,belajarlah mengampuni diri
sendiri,dan sadarilah bahwa
bagaimanapun juga anda sama berharganya dengan orang lain.Untuk membantu,tanyakan
pada diri sendiri,jika teman saaya
melakukan hal ini apakah saya akan memaafkannya?
3.Ingat diri
anda sendiri bahwa keberagaaman dan keunikan sangat diperlukan di dunia,dan
percayalah pada nilai-nilai dasarriah yang di miliki oleh setiap manusia.
4.Tentukan tujuan yang dapat anda capai,hindari
mematok standar diri yang terlalu tinggi.Pencapaian yang terlalu tinggi ataupun
terlalu rendah tidak akaan menambah nilai diri.
5.Belajarlah untuk menyukai diri sendiri tanpa
sarat.Ini berarti bahwa anda menyukai diri anda apa adanya,tidak perduli siapa
atau apakah anda,atau apa yang andaa lakuakan atau tidak anda lakukan.
6.Ingatlah untuk selalu bersikap baik terhadap diri
anda sendiri.Bertanggung jawablah terhadap diri sendiri terlebih dahulu,setelah
itu baru kepada orang lain.Seoarang guru Yang mudah marah ( emosi)tidak akan
mampu membantu siapapun.
7.Ingatkanlah diri anda bahwa kebahagiaan tidaklah
bergantung pada keberhasilan karier.
8.Buatlah daftar segalaa sesuatu yang anda peroleh
dari orang lain,misalnya pengetahuan,kesadaran,pemahaman,ataau bahkan
sifat-sifat yang menyangkut kepribadian.Selanjutnya bertanyalah pada diri
sendiri, seandainya saya itu tidak
bernilai(berharga dimata orang lain),apakah mereka akan merasa terganggu karena
keberadaan saya?
9.Ingatlaah bahwa anda adalah binatang bagi
kehidupan anda.Berpura-purahlah bahwaa anda sedang menyaksikan film tentang
diri sendiri.sebagai binatang tentu saja anda adalah orang yang berharga.
10.Hindarilah penggunaan kata “harus”Bila anda mulai
berpikir dengan kata atau kalimat “saya seharusnya sudah.....”Berarti anda
sudah mengurangi atau menurunkan penghargaan terhadap diri
sendiri.Kata”seharusnya”itu sudah merupakan penilaian,dan sebaiknya kata itu di
ganti dengan” saya ingin......” “saya lebih suka.........”atau “saya
sudah......”
D.Kompetensi
sosial
Pengertian kompetensi sosial bukan hanya
sekedar”menjadi sahaabat”,tetapi lebih merupakan hal positif yang terkait
dengandiri ita sebagai mahluk sosial yang hidup dalam kelompok,yang mau tidak
mau harus memperhatikan orang lain.Guru yang secara sosial kompeten dapat
berinteraksi dengan siswa secara baik dan mudah,iaa sudah mempunyai pengalaman
bagaimaan rasanya bahagia,juga ia merasakan adanya keterbukaan dari orang
lain,dan ia berperan menjadi model prilaku
sosial bagi paar siswa.
sepuluh
Cara Untuk menunjukan Kompetensi Sosial
1.Beri contoh seperti apa emosi negatif itu.Ajarkan
kepada para siswa,keterampilan mengatasi emosi dan hal-hal yang membuat mereka
stress sehari-harinya.
2.Perkuat prilaku positif mereka secara
konsisten.Beri contoh dan ajarkan para siswa untuk saling memperkuat prilaku
positif mereka.Doronglah para siswa untuk berlatih saling memberi umpan baik
positif,walaaupun mungkin situasinya sedang peka dan mudah meledak.Beri contoh
kepada mereka bagaimaan caranya mengikuti interaksi-interaksi ini dengan
diskusi,dimana paraa siswa menggambarkan
secara benar dan setepat mungkin apa yang mereka lihat,apa yamg
terjaadi, dan kontribusi apa yang dapat mereka berikan.
3.Buatlah pertanyaan yang jawabanya bersifat terbuka
mengenai status emosi siswa,dan dengarkan baik-baik taanggapaan siswa.
4.berikan sambutan yang tulus kepada para siswa
dengan penuh hangat dan hormat.tampillah dengan senyum,rileks,terbuka,dan siap
di ajak bicara.
5.Bila muncul ketegangan,batasi dan nyatakan apa
yang anda percayai dan apa yaang anda dengar.dengan cara ini,anda akaan lebih
memusatkan pada kebenaran dan bukan pada kesaalah pahaman.
6.Pastiakn anda menyebut nama siswa atau rekan kerja
anda,bila anda sedang berbicara kepada mereka.
7.Ungkapkan apa yang ada dalam pikiran anda atau
pendapat anda dengan cara yang sopan,tanpa menunjukkan sifat arogansi atau
sifat egois.Bukalah hati dan pikiran anda sehingga orang tahu bahwa anda juga
mempunyai keinginan atau kemauan untuk menerima gagasan orang lain.
8.Akuilah apa yang menjadi keputusan anda serta apa
yang menjadikesalahan anda, dan hindarilah menyalahkan orang lain.
9.Sadarilah semau hal yang anda nyatakan secara
nonverbal. Apakah yang ditunjukkan oleh mata anda sesuai denganb yang diucapkan
oleh mulut anda? murid-murid akan dengan mudah menangkap bila ada
ketidaksesuaian antara gerak mata dan ucapan anda.
10.Gambarkan semua perilaku dengan
cara yang positif. misalnya katakan,apa
yang seharusnya anda lakukan ........ itu akan lebih baik daripada apa yang seharusnya tidak anda lakukan.
E.Kekerasan
hati
Menurut Henry Ward Beecher dikatakan baahwa perbedan
antar kekerasan hati dengan keras kepala adalah bahwa kekerasan hati itu muncul
dari kemauan yang kuat ,sementara keras kepala merupakan ketidak mauan yang
kuat.Kekerasan hati merupakaan komitmen untuk menghadapi dan menyelesaikan
permaasalahanatu tantangan sebaik-baiknya,dan sifat senacam ini memaang sangat
di perlukan bila ingin mencapi keberhasilan dalam pengajaran.mempraktikan
kekerasan semacaam itu akan membuat orang memiliki kepercayaan diri dan
mencapai kepuasan.
1.pisahkan tantangan yang anda hadapi kedalam
kelompok-kelompok kecil, lalu kerjakan/atasi masalah itu kelompok demi-
kelompok.
2.Berikan poenghargaan pada diri anda sendiri setiap
kali berhasil satu masalah kecil itu jangan menunggu hingga masalah itu selesai
semua. Misalnya, janjikanlah diri anda untuk menikmati kopi favorit bila
sekolah telah usai.
3.Lakukan segala sesuatu dengan penuh antusias dan
tekun.Antusiasme yang positif membuat langkah-langkah yang sulit tampak terasa
lebih mudah.
4.Cobalah menentukan prioritas tantangan mana yang
lebih memungkinkan untuk di hadapi terlebih dahulu sebelum anda menghadapinya,
berikut strateginya.
5.ingatkan diri anda bahwa kemampuan menekuni
sesuatu itu merupakan tolak ukur utk mengontrol diri sendiri sehingga anda bisa
mengaturnya.
6.Hindarilah menerima tantangan yang anda yakin
tidak mungkin dapat anda atasi atau selesaikan.
7.Terapkanlah filsafah “ ya – tahu” kalau anda dan
murid-murid menghadapi suatu permasalahan atau tantangan. katakan kepada mereka, “ ya , tantangan ini akan menjadi
semakin keras, tetapi kalian tahu
bagaimana mempelajarinya, dan saya tahu
bagaimana mengajarkannya. Bersama- sama, kita bisa.” anda akan menyadari bahwa
hal ini akan memberikan efek yang positif.
8.berilah kesempatan pada diri anda sendiri utk
berhenti atau beristrahat sejenak bila menghadapi rintangan yg tampaknya tidak
dapat diatasi.setidaknya selama 48 jam, hindari semua hal yang berhubungan
dengan tantangan, termasuk tidak memikirkanya. bila sudah cukup, anda bisa
melakukan dengan penuh atusias.
9.Catat terus waktu yang dimanfaatkan selama
menghadapi tantangan yang berat. bila waktu terus berjalan tetapi masalah atau
tantangan tidak berhasil diatasi, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan
alternatif lain.
10.Ingatkan diri anda bahwa ada saatnya mau mengakui
kekalahan adalah hal yg baik. bila anda benar-benar tekun atau gigih, anda
tidak akan terlihat lemah.
pernyataan yang
mengandung pengertian ketenangan itu memungkinkan guru menghadapi segala
permasalahan dengan tenang dan tepat.Guru-guru yang memiliki sifat tenang akan
menjadi fasilitator,pengajar serta konselor yang sangat baik.Mereka juga akan
menjadi model yang sangat baik sebagaiorang yangu berprilaku tanpa kekerasan
,yang jarang mengalami gejala sterss,frustasi dn suka marah.Ketenangan
merupakan salah satu diantara ciri-ciri pribadi yang sangat kuat yang harus di
miliki guru.tanpa ciri tersebutkegiatan harian dikelas yang begitu padat di
tambah dengan begitu banyaknya tuntutan yang harus di kerjakan guru yang akan
memudahkan guru mengalami strees.
Sepuluh
Cara Untuk Menunjukan Ketenangan Perasaan
1.sebelum bangun tidur di pagi hari,santailah dan
tariklah napas dalam-dalam tiga kali.Rentangkan tangaan lebar-lebar,dan ciptan
rasa tenang di dalam hati anda.berharaplah memulai hari dengan perasaan
positif.
2.Buatlah suatu pernyataanpribadi dan tunjukan pada
diri sendiri untuk sepanjang hari itu,ulangi dan ulangi lagi pernyataan
itu.Mungkin anda mengatakan,Sayakuat,dan
hari ini saya akan bersikap lebih sabar,atau saya akan menghibur orang lain dan
saya akan.......
3.Latihan kesadaran anda terhadap cara kerja
anda,perhatikanlah dengan saksama sampaimdetail,Misalnya burung yang bertengger
pada kawat listrik,embun yang menempel pada rumput di halaman,tetesan air hujan
yang mengalir pada kaca mobil.
4.Buatlah gambar garis kehidupan anda,dan sadrilah
posisi anda sekarang ini dalam garis kehidupan itu,seberapah jauh and telah
melangkah,dan dimanakah anda ingin berada pada masa yang akan datang.Indokator
yang kasat mata semacam itumemberikan rasa tenang didalam hati,menjadi alat
pengingat yang positif terhadap perkembangan serta hasil akhir,dan merupakan
bayangan tentang masa depan anda.
5.Identifikasi hal-hal atau benda-benda,keadaan atau
situasi,serta orang-orang yangmenyebabkan anda mengalami stres.Temukan
cara-cara yang konstruktif untuk mengatasi rasa stres anda dan coba terapkan teknik-teknik
menghadapi stres.
6.Apa bila anda,misalnya,mendapati bahwa anda
berhadapan denganharapan-haraapan di luar rencana pengajaran anda,yang
memerlukan banyak waktu dari yang di programkan,atau misalnya berhadapan dengan
orang tua yang marah-marah tidak ada tempatnya dalam suatu acara
pertemuan,Cobalah anda secepat mungkin anda lepas beban itu. kiranya akan lebih
mudah bagi anda untuk menerima kekalahan dari awal dari pada harus menelan
kekalahan akhir.
7.Sadarilah bahwa anda tidak mungkin akan menjadi
segala-galanya bagi semua orang karena ada saat-saat anda bisa mengalami
kegagalan.
8.Berlatihlah untuk memberi maaf kepada orang
lain.Maafkanlah orang-orang yang telah menyakiti hati anda.Dengan demikian,anda
berarti melepas rasa marah yang tersimpan didalam hati anda dan menggantiknya
dengan ketenangan hati.
9.Bila memungkinkan,hindarilah setiap situasi yang
menurut anda akan membuat anda merasa takut,persaan takut akan membuat
seseorang bersifat defensif.apa bila anda tidak bisa menghadapi situasi seperti
itu,carialah cara untuk mengurangi keterlibatan anda di dalamnya.
10.Berolah ragalah,misalnyayoga atau kelas-kelas
senam,ingat juga bahwa jalan kaki pun bisa memberi banyak keuntungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar