SELAMAT DATANG DI BLOG EFFECTIVE LEARNING

Selasa, 25 Oktober 2011

KDM II (Kekuatan dari dalam)

Kekuatan Dari Dalam
(Dalam Konsep Pembelajaran)
     
Disusun oleh Kelompok II
1. Taufiqurrahman
2. Yanti Komalasari
3. Halimah
 
Guru memerlukan lebih dari sekedar berbagi kekeuatan dari dalam (inner sterngth)mereka yaitu:arah hidup yang jelas yang akan memberberi keyakinan,ketenangan dan kesabaran,yang dapat mengontrol hati yang buruk dan tindakan-tindakan yang tidak perlu,serta melakukann tindakan yang konstruktif.kekuatan dari dalam akan betul-betul memberikan kekuatan pada pekerjaan yang sedang dilakukan.kekuatan dari dalam itu akan menjaga kita dalam menjalani profesi,walaupun kita tidak memperoleh penghargaan apapun.siapaapun kita yang mencintai pekerjaan kita adalah orang –orang yang daapaat memberikan motivasi pada paara siswadan mampu melakukan pekerjaan dengan baik berkat adanya kekuatan dari dalam.Kita adalah orang-orang yaang tegas ,mempunyai keyakinan diri,kompeten,tekun,danbjisaa berdaamai dengn diri sendiri.
A.Ketegasan
Guru yang harus menyeimbangkann antara empati dan ketegasan.kelas yang di asuh oleh guru yangu tegas akan memahami batas –batas serta harapan-harapan mereka:yang hasilnya mereka lebih fokus dan lebih terlibat pada apa yang mereka pelajari.para kolega sesama guru juga akan lebih hormat dan lebih menghargai guru yang tegas.sikap tegas membuahkan keyakinan atau kepercayaan.
Sepuluh Cara Untuk Menunjukan Ketegasan
1.Tentukan tujuan pembelajaran,batasan-batasan,dan pedoman-pedoman yang masuk akal dan di harapkan di patuhi oleh para siswa
2.Beri respon secepatnya dengan tenang dan yakin terhadap segala  situasi yang menuntut pengaturan prilaku.gunakan pernyataan seperti”saya ingin kamu......”Bicaralah dengan jelas dan jaga kontak mata dengan mereka.
3.sebelum memberikan reaksi,dengarkanlah dengan saksama semua permintaan dan saran yang anda terima
4.Bersikaplah hangat dan tunjukanlah skap yang betul-betul memberi perhatian kepada par siswa serta teman-teman mereka.
5.Mintalah bantuan bila anda memerlukannya(entah itu kepada siswa,orang tua,atau para spealis)dan hendaknya  belajarlah untuk dapat mengatakan “tidak.”
6.Berikan pengarahan yang singkat dan jelas untuk berbagai macam tugas,kegiatan serta apa yang menjadi harapan anda,supaya tidak terjadi miskomunikasi padaa saat meninggalkan ruangan.
7.Rencana dengan hati-hati tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang,serta sasaran bagi siswa  dan anda sendiri sehingga anda tahu kemana harus melangkah
8.Perhatikan hak dan kewajiban anda serta hak dan kewajiban para siswa.Tuliskan daftarnya pada papan tulis   atau poster gantung.
9.Tunjuokan konsekuensi yang harus mereka pikul dan tanamkan hal ini secaraa konsisten pada mereka.
10.Pahamilah kepentingan anda sendiri da bertahanlah pada kata-kata anda,entah saat anda di minta memberikan tambahan pelajaran oleh siswa,diserbu dengan permintaan-permintaan yang tidak realistis dari orang tua,atau di minta bertanggungu jawab oleh siswa untuk hal-hal diluar tanggung jawab anda yang sebenarnya.
B.Kepercayaan diri
Setiiap guru menyadari adanya perasaan gugup pada awal tahun ajaran dan adanya perasaan waswas karena ketidak pastian menghadapi bulan –bulan berikutnya.Itu merupakan hal yang biasa.sejujurnya guru-guru yang memiliki kepercayaan diri walaupun sedikit juuga sedikit mengalami rasa gugup dan ragu-ragu tersebut menggunakan kekuatanmereka selama bekerja untuk mengatasi kelemahan mereka.Rasa percayaa diri mereka menyebar dan mempengaruhi lingkungan sekitar mereka.Hal macam ini- akan membantu para siswa dalam usaha mencapai keberhasilan dan memberikan ketenangan bagi para guru.
Sepuluh Cara Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri
1.Buatlah daftar kelebihan dan kelemahan andaa  secaraa terpisah.tuliskan “KELEBIHAN”DAN “KELEMAHAN”pada masing-masing daftar,lalu buatlah permainan.misalnya,bila anda bagus dalam bidang seni,beranikan diri mengerjakan papan pengumunan.tunjukan permainan itu pada sisi kelemahan anda
2.Buatlah daftar sepuluh hal yang paling mungkin anda lakukan.Lalu mulailah mennyortir,memilih,atau menggantinya.(hingga muncul hal yang paling anda yakini).
3.Jagalah kesehatan dengan tidur,makaan,dan olah raga secara proporsional.Minumlah banyak air setiap hari dan selalu sediakan botol air di atas meja.biasanya kemantapan fisik akaan terasa terlebih dahulu sebelum keyakinan diri secara mental muncul.
4.Jagalah supaya postur tubuh anda tampak bagus.ini membuat anda merasa dan tampak yakin diri.
5.Jagalah sikap positif dan tolaklah kritik yang tidak berguna,termasuk kalau kritik itu berasal dari diri sendiri.
6.Dalam keadaan sadar diri,pusatkan perhatian anda pada suatu objek tertentu,misalnya sebuah pohon,kemudian pikirkansecara detaail(bentuknya,gunanya,warnanya,teksturnya).
7.Mintahlah aapa yang menjadi keinginan anda.mungkin anda tidak mendapatkan apa yang anda inginkan,tetapi dengaan meminta berarti memperbaiki hal-hal yang bersifat merintangi.
8.Praktikan berpikir yang nyaman.Kalau keyakinan anda lambat,pikirkanlah tentang hal-hal,tempat-tempat,atau orang-orang yang dapat membuat anda meras enak.
9.Pakailah teknik relaksasi tubuh sepanjang hari.Lemaskan leher,bahu,dsb.Bayangkan bahwa tubuh anda terdiri dari cairan yang mengandung sutra.Visualisasikan dan rasakan aliran lembut–hangat yang naik dari kaki hingga ke puncak kepala.
10.Mainkan permainan dengaan anda sendiri sebagai objeknya.Tanyakan ada diri sendiri bagaimanakah seeorang yang mempunyai keyakinan diri akan bertindak dalaam situasi tertentu,kemudian katakan,”Saya yakin dalam......”Berusahalah untuk menyamaai tingkah laku semaca itu.
C.Menghargai diri sendiri
Menghargai diri sendiri berbeda dengan kepercayaan diri bila di hubungkan dengan pendapat yang menyeluruh mengenai bagaimana kita menilai watak dan kemampuan kita.Menghargai diri sendiribiasanya mendahului kepercayaan diri.Kekuatan dari menghargaai diri terletak pada bagaaiman kekuatan itu mempengaruhi kemampuan mengajar.Misalnya,apa bila anda mera sebagai guru yang baik  mungkin anda akan menjadi guru yang baik.walaupun  mengajaar itu bersifat mempengaruhi,penting dan berguna,penghargan diri sebagai guru sering teras bila di bandingkan dengan sukses yang di hasilkannya.mengembaangkan penghargan diri yang positif akan meningkatkan rasa pribadi terhadap energi,kedamaian,optimisme,dan potensi mengajar dengan baik serta potensi untuk mempengaruhi orang lain.
Sepuluh Cara untuk Menguatkan Penghargaan Diri
1.Rayakan prestasi yang anda capai,dan hargailah keberhasilan anda itu.Tapi,jangan sampai menjadikanya sebagai kebanggan semu itulah yang disebut kesadaran diri
2.Akuilah bila anda telah melakukaan kesalahan,belajarlah mengampuni diri  sendiri,dan sadarilah  bahwa bagaimanapun juga anda sama berharganya dengan orang lain.Untuk membantu,tanyakan pada diri sendiri,jika teman saaya melakukan hal ini apakah saya akan memaafkannya?
3.Ingat  diri anda sendiri bahwa keberagaaman dan keunikan sangat diperlukan di dunia,dan percayalah pada nilai-nilai dasarriah yang di miliki oleh setiap manusia.
4.Tentukan tujuan yang dapat anda capai,hindari mematok standar diri yang terlalu tinggi.Pencapaian yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah tidak akaan menambah nilai diri.
5.Belajarlah untuk menyukai diri sendiri tanpa sarat.Ini berarti bahwa anda menyukai diri anda apa adanya,tidak perduli siapa atau apakah anda,atau apa yang andaa lakuakan atau tidak anda lakukan.
6.Ingatlah untuk selalu bersikap baik terhadap diri anda sendiri.Bertanggung jawablah terhadap diri sendiri terlebih dahulu,setelah itu baru kepada orang lain.Seoarang guru Yang mudah marah ( emosi)tidak akan mampu  membantu siapapun.
7.Ingatkanlah diri anda bahwa kebahagiaan tidaklah bergantung pada keberhasilan karier.
8.Buatlah daftar segalaa sesuatu yang anda peroleh dari orang lain,misalnya pengetahuan,kesadaran,pemahaman,ataau bahkan sifat-sifat yang menyangkut kepribadian.Selanjutnya bertanyalah pada diri sendiri, seandainya saya itu tidak bernilai(berharga dimata orang lain),apakah mereka akan merasa terganggu karena keberadaan saya?
9.Ingatlaah bahwa anda adalah binatang bagi kehidupan anda.Berpura-purahlah bahwaa anda sedang menyaksikan film tentang diri sendiri.sebagai binatang tentu saja anda adalah orang yang berharga.
10.Hindarilah penggunaan kata “harus”Bila anda mulai berpikir dengan kata atau kalimat “saya seharusnya sudah.....”Berarti anda sudah mengurangi atau menurunkan penghargaan terhadap diri sendiri.Kata”seharusnya”itu sudah merupakan penilaian,dan sebaiknya kata itu di ganti dengan” saya ingin......” “saya lebih suka.........”atau “saya sudah......”
D.Kompetensi sosial
Pengertian kompetensi sosial bukan hanya sekedar”menjadi sahaabat”,tetapi lebih merupakan hal positif yang terkait dengandiri ita sebagai mahluk sosial yang hidup dalam kelompok,yang mau tidak mau harus memperhatikan orang lain.Guru yang secara sosial kompeten dapat berinteraksi dengan siswa secara baik dan mudah,iaa sudah mempunyai pengalaman bagaimaan rasanya bahagia,juga ia merasakan adanya keterbukaan dari orang lain,dan ia berperan menjadi model prilaku  sosial bagi paar siswa.
sepuluh Cara Untuk menunjukan Kompetensi Sosial
1.Beri contoh seperti apa emosi negatif itu.Ajarkan kepada para siswa,keterampilan mengatasi emosi dan hal-hal yang membuat mereka stress sehari-harinya.
2.Perkuat prilaku positif mereka secara konsisten.Beri contoh dan ajarkan para siswa untuk saling memperkuat prilaku positif mereka.Doronglah para siswa untuk berlatih saling memberi umpan baik positif,walaaupun mungkin situasinya sedang peka dan mudah meledak.Beri contoh kepada mereka bagaimaan caranya mengikuti interaksi-interaksi ini dengan diskusi,dimana paraa siswa menggambarkan  secara benar dan setepat mungkin apa yang mereka lihat,apa yamg terjaadi, dan kontribusi apa yang dapat mereka berikan.
3.Buatlah pertanyaan yang jawabanya bersifat terbuka mengenai status emosi siswa,dan dengarkan baik-baik taanggapaan siswa.
4.berikan sambutan yang tulus kepada para siswa dengan penuh hangat dan hormat.tampillah dengan senyum,rileks,terbuka,dan siap di ajak bicara.
5.Bila muncul ketegangan,batasi dan nyatakan apa yang anda percayai dan apa yaang anda dengar.dengan cara ini,anda akaan lebih memusatkan pada kebenaran dan bukan pada kesaalah pahaman.
6.Pastiakn anda menyebut nama siswa atau rekan kerja anda,bila anda sedang berbicara kepada mereka.
7.Ungkapkan apa yang ada dalam pikiran anda atau pendapat anda dengan cara yang sopan,tanpa menunjukkan sifat arogansi atau sifat egois.Bukalah hati dan pikiran anda sehingga orang tahu bahwa anda juga mempunyai keinginan atau kemauan untuk menerima gagasan orang lain.
8.Akuilah apa yang menjadi keputusan anda serta apa yang menjadikesalahan anda, dan hindarilah menyalahkan orang lain.
9.Sadarilah semau hal yang anda nyatakan secara nonverbal. Apakah yang ditunjukkan oleh mata anda sesuai denganb yang diucapkan oleh mulut anda? murid-murid akan dengan mudah menangkap bila ada ketidaksesuaian antara gerak mata dan ucapan anda.
10.Gambarkan semua perilaku dengan cara yang positif. misalnya katakan,apa yang seharusnya anda lakukan ........ itu akan lebih baik daripada apa yang seharusnya tidak anda lakukan.
E.Kekerasan hati
Menurut Henry Ward Beecher dikatakan baahwa perbedan antar kekerasan hati dengan keras kepala adalah bahwa kekerasan hati itu muncul dari kemauan yang kuat ,sementara keras kepala merupakan ketidak mauan yang kuat.Kekerasan hati merupakaan komitmen untuk menghadapi dan menyelesaikan permaasalahanatu tantangan sebaik-baiknya,dan sifat senacam ini memaang sangat di perlukan bila ingin mencapi keberhasilan dalam pengajaran.mempraktikan kekerasan semacaam itu akan membuat orang memiliki kepercayaan diri dan mencapai kepuasan.
   sepuluh cara untuk melatih ketekunan
1.pisahkan tantangan yang anda hadapi kedalam kelompok-kelompok kecil, lalu kerjakan/atasi masalah itu kelompok demi- kelompok.
2.Berikan poenghargaan pada diri anda sendiri setiap kali berhasil satu masalah kecil itu jangan menunggu hingga masalah itu selesai semua. Misalnya, janjikanlah diri anda untuk menikmati kopi favorit bila sekolah telah usai.
3.Lakukan segala sesuatu dengan penuh antusias dan tekun.Antusiasme yang positif membuat langkah-langkah yang sulit tampak terasa lebih mudah.
4.Cobalah menentukan prioritas tantangan mana yang lebih memungkinkan untuk di hadapi terlebih dahulu sebelum anda menghadapinya, berikut strateginya.
5.ingatkan diri anda bahwa kemampuan menekuni sesuatu itu merupakan tolak ukur utk mengontrol diri sendiri sehingga anda bisa mengaturnya.
6.Hindarilah menerima tantangan yang anda yakin tidak mungkin dapat anda atasi atau selesaikan.
7.Terapkanlah filsafah “ ya – tahu” kalau anda dan murid-murid menghadapi suatu permasalahan atau tantangan. katakan kepada mereka, “ ya , tantangan ini akan menjadi semakin keras, tetapi kalian tahu bagaimana mempelajarinya, dan saya tahu bagaimana mengajarkannya. Bersama- sama, kita bisa.” anda akan menyadari bahwa hal ini akan memberikan efek yang positif.
8.berilah kesempatan pada diri anda sendiri utk berhenti atau beristrahat sejenak bila menghadapi rintangan yg tampaknya tidak dapat diatasi.setidaknya selama 48 jam, hindari semua hal yang berhubungan dengan tantangan, termasuk tidak memikirkanya. bila sudah cukup, anda bisa melakukan dengan penuh atusias.
9.Catat terus waktu yang dimanfaatkan selama menghadapi tantangan yang berat. bila waktu terus berjalan tetapi masalah atau tantangan tidak berhasil diatasi, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan alternatif lain.
10.Ingatkan diri anda bahwa ada saatnya mau mengakui kekalahan adalah hal yg baik. bila anda benar-benar tekun atau gigih, anda tidak akan terlihat lemah.
 F.Ketenangan
pernyataan yang mengandung pengertian ketenangan itu memungkinkan guru menghadapi segala permasalahan dengan tenang dan tepat.Guru-guru yang memiliki sifat tenang akan menjadi fasilitator,pengajar serta konselor yang sangat baik.Mereka juga akan menjadi model yang sangat baik sebagaiorang yangu berprilaku tanpa kekerasan ,yang jarang mengalami gejala sterss,frustasi dn suka marah.Ketenangan merupakan salah satu diantara ciri-ciri pribadi yang sangat kuat yang harus di miliki guru.tanpa ciri tersebutkegiatan harian dikelas yang begitu padat di tambah dengan begitu banyaknya tuntutan yang harus di kerjakan guru yang akan memudahkan guru mengalami strees.
Sepuluh Cara Untuk Menunjukan Ketenangan Perasaan
1.sebelum bangun tidur di pagi hari,santailah dan tariklah napas dalam-dalam tiga kali.Rentangkan tangaan lebar-lebar,dan ciptan rasa tenang di dalam hati anda.berharaplah memulai hari dengan perasaan positif.
2.Buatlah suatu pernyataanpribadi dan tunjukan pada diri sendiri untuk sepanjang hari itu,ulangi dan ulangi lagi pernyataan itu.Mungkin anda mengatakan,Sayakuat,dan hari ini saya akan bersikap lebih sabar,atau saya akan menghibur orang lain dan saya akan.......
3.Latihan kesadaran anda terhadap cara kerja anda,perhatikanlah dengan saksama sampaimdetail,Misalnya burung yang bertengger pada kawat listrik,embun yang menempel pada rumput di halaman,tetesan air hujan yang mengalir pada kaca mobil.
4.Buatlah gambar garis kehidupan anda,dan sadrilah posisi anda sekarang ini dalam garis kehidupan itu,seberapah jauh and telah melangkah,dan dimanakah anda ingin berada pada masa yang akan datang.Indokator yang kasat mata semacam itumemberikan rasa tenang didalam hati,menjadi alat pengingat yang positif terhadap perkembangan serta hasil akhir,dan merupakan bayangan tentang masa depan anda.
5.Identifikasi hal-hal atau benda-benda,keadaan atau situasi,serta orang-orang yangmenyebabkan anda mengalami stres.Temukan cara-cara yang konstruktif untuk mengatasi rasa stres anda dan coba terapkan teknik-teknik menghadapi stres.
6.Apa bila anda,misalnya,mendapati bahwa anda berhadapan denganharapan-haraapan di luar rencana pengajaran anda,yang memerlukan banyak waktu dari yang di programkan,atau misalnya berhadapan dengan orang tua yang marah-marah tidak ada tempatnya dalam suatu acara pertemuan,Cobalah anda secepat mungkin anda lepas beban itu. kiranya akan lebih mudah bagi anda untuk menerima kekalahan dari awal dari pada harus menelan kekalahan akhir.
7.Sadarilah bahwa anda tidak mungkin akan menjadi segala-galanya bagi semua orang karena ada saat-saat anda bisa mengalami kegagalan.
8.Berlatihlah untuk memberi maaf kepada orang lain.Maafkanlah orang-orang yang telah menyakiti hati anda.Dengan demikian,anda berarti melepas rasa marah yang tersimpan didalam hati anda dan menggantiknya dengan ketenangan hati.
9.Bila memungkinkan,hindarilah setiap situasi yang menurut anda akan membuat anda merasa takut,persaan takut akan membuat seseorang bersifat defensif.apa bila anda tidak bisa menghadapi situasi seperti itu,carialah cara untuk mengurangi keterlibatan anda di dalamnya.
10.Berolah ragalah,misalnyayoga atau kelas-kelas senam,ingat juga bahwa jalan kaki pun bisa memberi banyak keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar