SELAMAT DATANG DI BLOG EFFECTIVE LEARNING

Jumat, 21 Oktober 2011

Konsep Belajar Tuntas



Pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam pembelajaran berbasis kompetensi adalah pendekatan dalam pembelajaran yang memprsyaratkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi maupun kompetensi dasar mata pelajaran tertentu. Ketuntasan setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%. Satuan pendidikan harus menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tingkat rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaran pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belaiar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal (Depdiknas, 2008).

Kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah batas minimal ketercapaian kompetensi setiap indikator, kompetensi dasar, standar kompetensi aspek penilaian mata pelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik. KKM ditentukan melalui analisis tiga hal, yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas), tingkat kemampuan rata-rata siswa (intake), dan tingkat kemampuan sumber daya dukung sekolah (man, money, material) (Depdiknas, 2008).

Rambu-rambu kriteria ketuntasan minimum (KKM) :

l) KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
2) KKM ditetapkan oleh dewan pendidik mata pelajaran sekolah
3) Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0-100
4) Nilai ketunasan belajar maksimal adalah 100
5) Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal
6) Nilai KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar